Senin, 11 April 2011

Macam-macam search engine

bapak ibu sekalian yang saya hormati tapi tak saya cintai posting kali ini mengenai macam-macam search engine. pidato akan di sampaikan oleh bapa pemilik blog ini, waktu dan tempat kami persilahkan...... plok plok plok plok plok

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
ehm ehm ehmm

Searchengine adalah sebuah situs mesin pencari yang digunakan untuk mencari informasi didunia maya. Informasinya berupa apa saja bisa berupa data,gambar,video atau berita. Seiring perkembangan zaman, mesin pencari mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dizaman sekarang mesin pencari bukan hanya untuk mencari informasi tapi bisa juga untuk berbisnis, memasang iklan, dan menambah ilmu bisa dibilang mesin pencari adalah dukun di abad 22. nah di bawah ini akan dijelaskan macam-macam search engine beserta spesifikasinya :P

SEARCH ENGINE INTERLOKAL

1. GOOGLE



Karakteristik
1.Tidak memperhitungkan jumlah kata
2.Menggunakan algoritma LSI.LSI adalah algoritma untuk meyesuaikan konten dengan keyword,LSI tidak memperhatikan banyaknya ketword tetapi lebih kepada sinonim dan frase sehingga anda bisa menuliskan keyword secara natural.
3.Google tidak mementingkan title blog/website.
4.Lebih menyukai domain yang sudah lama ada.

Searching
1.Dapat mencari situs apa saja di seluruh dunia
2.Dapat mencari kota di seluruh dunia
3.Terdapat layanan search book untuk mencari buku juga search image untuk mencari gambar
4.Google bisa juga untuk mencari berita

Indexing
Google dapat mengindex hingga milyaran situs di dunia. Dengan index situs sebanyak itu menjadikan google sebagai mesin pencari terhebat sepanjang sejarah.

Pendapatan google
Tentu kamu sudah tau apa itu google……..! saingan ki joko bodo ini merupakan mesin pencari terbesar di muka bumi ini sampai-sampai ada yang menyebutnya mbah :D. Tentu saja google juga mendapatkan bayaran karena telah mencari apa yang kita inginkan,nah bagaimana kah google mendapatkan penghasilan ? padahal kita Cuma bayar sama warnet bukan sama mbah google ?
Google mendapatkan 99% pendapatannya dari iklan yang disebut Google Addwords.iklan dipasang di hasil pencarian,peta online,e-mail,jejaring sosial,dan layanan sharing video.pendapatan google meningkat tiap tahunnya (kaya raya banget dong) jad google merupakan mesin pencari dengan pendapatan terbesar didunia.

2. BING


Karakteristik
1.Bing mengutamakan jumlah kata. Jadi kalo dalam postingan ada 350 kata maka kemungkinan blog/website anda akan memperoleh rangking yang lebih tinggi di bing.
2.Sama halnya dengan google bing juga memakai algoritma LSI.
3.Bing lebih mementingkan title blog/website.
4.Lebih menyukai domain yang sudah lama ada.

Searching
Sama halnya dengan mesin pencari lain, Bing juga bisa mencari web,image,news,video . Di bing ada fasilitas search xrank ini untuk mencari siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna bing.

Indexing
Bing merupakan mesin pencari terbesar kedua setelah google,mungkin dalam hal indexing situs bing lebih sedikit dibandingkan google.

Pendapatan
Sama halnya dengan mesin pencari lainnya , Bing juga mengandalkan iklan sebagai pendapatan utamanya.


3. YAHOO SEARCH


Karakteristik
1.Rajin mencatat backlink. Backlink sendiri ialah sebuah link yang berada di situs lain atau di situs kita sendiri yang nantinya bila di klik akan menuju tempat lain dan ini disebut backlink unruk halaman yang dituju tersebut.
2.Tidak begitu aktif dalam mengindex konten dan komen sebuah blog.
3.Menggunakan jasa google untuk mencari informasi yang digabung dengan database sendiri

Searching
Yahoo pun tidak mau kalah dengan search engine yang lain, yahoo juga menyediakan pencarian web,image,news,movie. Selain itu yahoo juga menyediakan pencarain yellow pages dan peta yang masih sebatas di Amerika saja.

Indexing
Yahoo mengindexkan situsnya di google dan bekerja sama dalam pencarian bersama google dan ditambah dengan database dari yahoo sendiri.

Pendapatan

Pendapatan yahoo juga sama dengan mesin pencari lainnya yaitu iklan.Yahoo juga memiliki iklan yang bisa dilihat di halaman utama situs nya.


4. ASK



Karakteristik

1.Ask.com akan melakukan copy dan melakukan penyimpanan bentuk data yang dimiliki sebuah blog/ website
2.Hasil penyimpanan disimpan di database ask.com sendiri
3.Dari data yang tersimpan tersebit akan terbentuk suatu kata kunci yang gunanya menghubungkan dengan data yang dicari

Searching

Searching di ask.com bukan hanya untuk mencari web,image,news di ask.com kamu bisa mengajukan pertanyaan dan ask.com akan mencarinya di database sendiri dan situs-situd lain.

Indexing
Ask.com mengindexkan dirinya pada situs lain guna menambah pengalaman tentang pencarian dan menambah data untuk mesin pencarinya.

Pendapatan
Sama halnya dengan mesin pencari lain,sumber pendapatan ask.com berasal dari iklan tapi akhir-akhir ini tersiar kabar bahwa ask.com akan menutup mesin pencarinya dan menggantinya dengan mesin penjawab online.


5.ALTAVISTA


Karakteristik
1.Menggunakan analisa relevansi
2.Penggunaan logika Boolean
3.Pencarian dapat dibatasi pada bagian-bagian tertentu

Searching
Pencarian di altavista sama dengan search engine lainnya hanya saja di altavista kita bisa membatasi pencariannya seperti judul, jangkar (anchor), host, link, applet, gambar, dan URL.

Indexing
Altavista mengindexingkan situsnya di yahoo

Pendapatan
Pendapatan utama mungkin dari iklan sama dengan mesin pencari yang lain.


SEARCH ENGINE LOKAL

1. GONDEZ


Gondez adalah sebuah search engine lokal asli Indonesia yang di kembangkan oleh Balbatech Network, meski masih dalam versi Beta tapi kedepan Gondez akan memiliki fitur jaringan iklan yang mirip dengan program Adword dan Adsense.

2. CANGKOK


Selain google, masih ada yahoo, msn, altavista, answer, dan yang lebih menariknya lagi ada search engine buatan lokal menggunakan bahasa indonesia, cangkok.com namun
dari tampilannya sekilas mendekati gaya warna-warni google.

3. NOW GOOGLE


nowGoogle.com adalah multiple search engine popular hasil karya anak Indonesia yang baru dan mempunyai kemampuan yang unik.

yah sekian saja persembahan dari saya tentang mesin pencari wasalam.... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar